Tentang Nilai

  1. Nilai Akhir adalah nilai prestasi mahasiswa (mutu A, B, C, D atau E ) yang diperoleh mahasiswa untuk setiap mata kuliah yang diambil dalam satu semester, nilai terdiri atas nilai UTS, UAS dan atau nilai praktikum.
  2. Nilai UTS (Ujian Tengah Semester) adalah nilai total kuantitatif (angka interval 0 - 100) yang diberikan oleh dosen dengan komponen nilai antara lain: nilai tugas-tugas kuliah, partisipasi kuliah, kuis dan nilai murni Ujian Tengah Semester (UTS).
    • Nilai tugas-tugas kuliah, diperoleh mahasiswa dengan mengerjakan, mengumpulkan tugas-tugas baik secara individual maupun kelompok. Bentuk tugas antara lain: membuat paper berjenis proposal atau makalah yang bersifat analitis/non-analitis, review artikel/jurnal, simulasi pengolahan data ataupun berupa kajian masalah/kasus.
    • Nilai partisipasi kuliah, diperoleh mahasiswa dengan cara antara lain: hadir mengikuti perkuliahan, aktif dalam merespon materi kuliah (bertanya-jawab, membuat resume materi kuliah) melalui pembelajaran oleh dosen maupun diskusi kelas.
    • Nilai Kuis, diperoleh mahasiswa dengan cara mengikuti kuis/test yang diselenggarakan oleh dosen di kelas maupun take home.
    • Nilai murni UTS, diperoleh mahasiswa dari hasil penilaian dosen di kertas lembar jawaban Ujian Tengah Semester (UTS) yang diselenggarakan oleh Program Studi.
  3. Nilai UAS (Ujian Akhir Semester) adalah nilai kuantitatif (angka 0 - 100), diperoleh berdasarkan akumulasi bobot nilai setiap jawaban soal yang benar dari Ujian Akhir Semester (UAS) yang diselenggarakan oleh Program Studi.
  4. Nilai Ujian Utama adalah nilai kuantitatif (angka 0 - 100), diperoleh berdasarkan akumulasi bobot nilai setiap jawaban soal yang benar dari Ujian Utama yang diselenggarakan oleh Program Studi.
  5. Nilai Praktikum adalah nilai dari Laboratorium penyelenggara praktikum penunjang/mandiri/I-Lab berdasarkan penilaian laboratorium masing-masing. Kelulusan mata kuliah dengan penunjang praktikum ditentukan oleh batas kelulusan nilai praktikum, yaitu lebih atau sama dengan (≥) 60.
Nilai Akhir (NA) dari setiap mata kuliah yang diberikan dinyatakan dengan angka yang kemudian dikonversikan ke huruf, dengan ketentuan sebagai berikut :

NILAI
INDEKS
PREDIKAT
80 ≤ NA ≤ 100
A
LULUS, Sangat Baik
68 ≤ NA ≤ 79
B
LULUS, Baik
56 ≤ NA ≤ 67
C
LULUS, Cukup
45 ≤ NA ≤ 55
D
LULUS, Kurang
0 ≤ NA ≤ 44
E
TIDAK LULUS




Contoh Format Nilai Akhir Mahasiswa - Download